kenapa harus sapi yang menjadi korban




      Assalamu'alaikum warahmatullah hiwabarakatuh, selamat malam untuk anda. Untuk menemani aktifitas anda, sengaja dihadirkan lagi artikel tentang agama islam di malam hari ini. Dan diharapkan lumayan bisa menghibur kesendirian anda, untuk mencegah anda dari melamun, hehehehe.

Sapi sering menjadi korban utama dalam perayaan hari raya idul adha di setiap tahun. Dan anda pun mungkin bertanya dalam hati anda, kenapa harus sapi ? Yang harus anda ketahui, bahwa hal ini juga ada sejarahnya. Jadi penggunaan sapi ini sebagai korban bukan kebetulan saja atau karena banyak mempunyai daging dan enak.

Dalam al'quran diisyaratkan untuk menggunakan sapi sebagai korban, hal ini berkaitan dengan sesuatu yang telah terjadi di masa lampau. Pada zaman dulu, ketika zaman dimana banyak orang menyembah berhala, ada satu sejarah yang disebutkan dalam al'quran bahwa orang-orang pada jaman jahiliyah sempat membuat patung seekor sapi yang dibuat dari emas untuk digunakan sebagai alat untuk disembah.

Untuk mengingatkan banyak orang jika sapi bukanlah untuk disembah, maka diputuskanlah ketika itu kepada nabi pada zaman itu untuk menyembelih sapi sebagai salah satu sarana untuk bersyukur kepada allah. Dan kebiasaan itu pun masih berlangsung hinggan kini. Nah, pasti sekarang anda sudah tau kan mengenai sejarah pemilihan sapi ini sebagai instrumen utama untuk merayakan hari idul adha. Marilah kita bersama untuk selalu bersyukur kepada allah swt, atas nikmat yang sudah diberikan. Salam santun untuk anda, senang berbagi dengan anda.

Popular Posts