tips cara menghindari penipuan




       Penipuan pada sekarang ini terasa menjamur di kalangan masyarakat. Mulai dari penipuan online hingga penipuan yang terjadi dalam kasus jual beli. Lantas bagaimana kita menyikapi keadaan seperti ini ? Simak caranya di bawah ini.

Kita ambil saja ada kasus perjanjian jual beli sebagai contoh. Nah ada baiknya anda menggunakan kertas disertai materai 6000 dalam hal ini, dengan adanya tanda tangan dua pihak yang melakukan transaksi, maka akan terjamin keamanannya. Bila terjadi penipuan, anda bisa melakukan tuntutan dengan melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian ( pelaporan harus disertai dengan surat perjanjian bermatrai yang telah dibuat dan jangan lupa juga untuk sertakan nomer ktp ). Jadi, anda sekarang sudah tau juga kan jika materai 6000 ternyata juga bisa digunakan untuk hal seperti ini, hehehe.

Kedua pihak tinggal membuat surat disertai materai 6000 berjumlah 2 surat dan 2 materai dalam hal ini, agar surat pernyataan perjanjian dapat disimpan masing-masing pihak apabila suatu hari terjadi penipuan dari 1 pihak. Untuk kata-kata dalam surat bisa anda karang sendiri, dan jangan lupa sertakan juga kota dan tanggal pembuatan surat tersebut ditambah tanda tangan kedua pihak yang harus mengenai materai. Senang berbagi dengan anda.

Popular Posts