peran penting nabi muhammad saw terhadap agama islam

 
      Zaman sekarang, disadari islam adalah sebagai satu keyakinan yang mempunyai umat berjumlah besar di dunia ini. Kelembutan, cara yang santun, aturan yang jelas, juga hukum yang adil membuat islam diyakini sebagai suatu agama yang benar bagus dan benar. Dari banyak sesuatu tentang islam, mungkin hanya sedikit yang mengetahui peran penting seorang nabi islam, yang dikenal dengan nama Muhammad. Apa saja peran penting beliau, mari kita ulas bersama-sama.

Tidak ada yang meragukan, bahwa nabi muhammad adalah pembawa agama islam di bumi ini. Nabi muhammad membawa ajaran yang ada di dalam Al'Quran untuk dikenalkan kepada penduduk bumi. Beliau dikenal sebagai orang yang sabar menerima hinaan ketika mengenalkan islam ini pada awalnya.

Selain itu, nabi muhammad juga memimpin islam dalam peperangan. Beliau juga dikenal sebagai penjual yang jujur dan tidak berbuat curang kepada siapa saja. Penduduk kota mekkah memberi beliau julukan sebagai al-amin yang artinya orang yang bisa dipercaya.

Tidak sampai disitu, nabi muhammad juga dipercaya sebagai pemberi keputusan yang adil. Ketika itu terjadi perselisihan antara orang islam dan orang yang bukan islam, sampai saat ini hasil keputusan itu dikenal dengan nama piagam madinah. Sebuah perjanjian yang adil yang disepakati oleh penduduk islam dan bukan islam pada suatu tempat untuk hidup damai dan berdampingan serta saling membantu.

Hingga sampai saat ini, umat islam menjalankan perintah sholat sebanyak 5 kali dalam satu hari. Sebelum itu, Allah swt memberi perintah kepada umat islam untuk sholat sebanyak 50 kali setiap hari. Karena rasa kasih sayang nabi muhammad kepada umat islam, maka beliau memohon dan melakukan negosiasi kepada Allah swt agar mengurangi jumlah sholat. Dan dalam waktu negosiasi yang panjang itu, akhirnya Allah swt bersedia untuk mengurangi jumlah sholat sebanyak 45 kali dalam sehari. Hasilnya, sampai saat ini umat islam hanya melakukan sholat sebanyak 5 kali dalam setiap hari.

Hingga akhir hayatnya, nabi muhammad dikenal sebagai orang yang terbaik yang pernah dimiliki sebuah agama. Mempunyai sikap yang adil kepada semua orang menjadikan beliau diangkat menjadi raja arab saudi juga pemimpin besar islam pada saat itu. Hm, semoga saja kita semua bisa mengambil pelajaran dan menjadikan pedoman dari cara hidup beliau ini. Awal yang baik untuk akhir yang baik, subhanallah. Senang berbagi dengan anda semua, semoga berjumpa kembali pada postingan selanjutnya.

Popular Posts