cara menghilangkan rasa iri hati



      Rasa iri adalah sebuah penyakit hati yang berupa tidak bisa menerima kenyataan dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Iri hati tidak berbeda jauh dengan dengki, dan juga suatu sifat yang paling berbahaya di dalam diri manusia. Iri hati dibagi menjadi dua bagian, iri yang wajar dan iri yang tidak wajar.

Rasa iri yang wajar lebih kepada sesuatu yang akan menghasilkan sesuatu yang positif, misalnya iri kepada orang lain yang lebih bisa berlaku baik, dan otomatis ini akan membuat kita juga terdorong untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

Sedangkan rasa iri yang tidak wajar adalah yang akan membawa dampak negatif terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Contohnya saja rasa iri seorang perempuan terhadap kecantikan perempuan yang lain, sehingga membuat orang itu ingin mencelakakan perempuan tersebut. Inilah jenis iri yang sangat berbahaya dan harus dihindari, seperti perintah allah kepada nabi muhammad untuk menghindari orang yang berbuat jahat.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa iri ? Yaitu dengan menyadari, bahwa sungguh semua yang telah ada dan terjadi di dalam hidup adalah rahasia allah swt. Dan akan selalu lebih baik ketika rasa iri itu muncul, maka segera kita kembalikan kepada yang maha kuasa. Dengan memahami inna lillahi wa inna ilaihi raji'un yang maknanya segala sesuatu berasal dari allah dan akan kembali kepada allah. Dengan adanya pemahaman seperti ini, juga akan membentuk keimanan seseorang menjadi lebih baik dan solid. Semoga allah meridhai, aamiin ya rabbal alamin.

Popular Posts